6 Hal Jangan Terjebak Minta Mati Atau Bunuh Diri

Angka 6 tentu miliki nilai sendiri bagi seseorang atau instansi atau komunitas apapun sepanjang tak ada kaitan dengan keramat ( mistik ). Bahkan konon simbol 666 ( tripple six ) juga memiliki arti yang khusus buat kalangan luar. Dulu era 80 an, karena televisi masih terbatas tentu ada yang masih ingat dengan manusia 6 juta dollar atau the six million dollar man. Bertahn tahun bisa menyedot perhatian anak anak hingga remaja karena khas nya film ini dan tema yang diambil menggambarkan teknologi dan superiornya bangsa Amerika, bahkan hingga sekarang bak polisi dunia Amerika seakan tak terkalahkan oleh bangsa manapun. Meskipun akhir akhir ini nerasa ekonomi Amerika juga masuk babak mengkhawatirkan, akan tetapi hagemoni perusahaan besar nya di pelbagai negara, cepat bisa pulih dari krisis apapun termasuk angka bunuh diri yang makin meningkat serta kriminal yang tak bisa dianggap ringan. Namun itulah kekuatan sekaligus kelemahan negri adidaya.

Yaah, angka enam dalam bhs jawa : nenem, bahasa sunda : ganep, dan bahasa inggris : six, dalam bahasa arab : sittatun atau sittun saja. Khusus tulisan ini akan berbicara lain. Lain karena memang dikaitkan dengan situasi dimana bila didapati sudah demikian minimal/ krusial terhadap apa yang pernah dikhuatirkan oleh nabi besar Muhammad SAW. Materi ini didapat dari siaran radio RDS FM Solo tadi jam 10.30, sebuah radio berbasis dakwah dan berita umum, menyajikan rekaman khusus dengan tema 6 Hal yang dipakai sahabat Abas Alghifary, yang berdoa ingin dimatikan saja apabila mengingat wasiyat 6 hal jika terjadi di zaman ( kapan pun ). Adapaun 6 materi atau pint penting itu tersaji dalam An Nihayah Fil Fitani, ( Akhir Dalam Fitnah ) karya Imam Ibnu Kastir yang terkenal dengan karya tafsir nya. Narasumber menyampaikan, saat itu sahabat ini kenapa lebih baik minta akhir hayat, disebabkan oleh situasi dimana :

1. Pemimpin Yang Bodoh 
2. Banyaknya Surthoh ( polisi ) yg membantu nomor 1
3. Hukum, Undang Undang Bisa Dibeli
4. Banyaknya pertumpahan darah. Ditangkap, dikriminalisasi, hingga dibunuh
5. Banyak org memutus silaturahim antar saudara sedarah
6. Sekelompok org/ kumpulan, jamaah, organisasi hanya menjadikan suara Al Quran sebagai hiasan

Meskipun sahabat besar tersebut ingin mengkahiri hidupnya disebabkan ( kemungkinan beliau sahabat tersebut) sebagian mendapati apa yang disabdakan oleh baginda Rasululloh SAW, namun tetap minta mati adalah kurang terpuji apalagi sampai bunuh diri yang menyebabkan keingkaran besar akan nikmat karunia Alloh SWT berupa kehidupan. Sebenarnya cobaan akibat kesengsaraan fisik, musim kering, panen tertunda, tidak lulus ujian, perceraian dan lain lain masih kalah bobotnya dibandingkan cobaan akibat berkelimpahan atau berlebihan. Hanya ini memang jarang disikapi, bahwa puncak kesuksesan, kekayaan yang melimpah, pangkat atau derajad yang tercapai justru cobaan yang bila terjadi masa kritis atau kejatuhan, akan lebih sulit dari pada yang sifat nya kekurangan

Bila sekarang, masih banyak penerima zakat, penerima sedekah dan infaq dan perputaran semisal Lazismu atau Lazisnu justru disikapi dengan cukup tenang. Zaman masih normal, sebab akan ada zaman dimana penerima penerima itu sudah sulit dipdapatkan akibat kekayaan yang melimpah. Di saat inilah perlu extra waspada, dan orang jawa bilang : eling lan waspodo. Enam hal yang tersebut diatas, jika siapapun mendapatkannya tentunya perlu mensikapi dengan bijak, yang terpenting dari pemaparan diatas adanya : 6 Hal Jangan terjebak Minta Mati atau bunuh Diri.

bagi pengalaman

berusaha belajar menulis dan membagikan kepada siapa saja dan cukup panggil nama ifoel atau bagi pengalaman

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama