Jawaban Buat Mas Ifan Seventeen

Duka Banten yang datang tiba tiba sesaat hajatan PLN berlangsung dengan menampilkan band cadas Seventeen Band, masih terngiang di ingatan kita pada umumnya dan bangsa indonesia pada khususnya. Terlebih para penggemar dan penikmat musik nasional. Nama Ifan, vokalis band ybs satu satunya personil yang lolos dari terjangan tsunami yang cukup dahsyat. Apakah kebetulan ?. Tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua sudah dalam skenario Sang Kholiq Dzat Yang Maha Gagah serta Maha Pengampun serta berbagai maha, termasuk tsunami atau musibah lain baik tanggal, jam, lokasi serta berapa jumlah korbannya.

مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ

Tiadalah Kami ( Alloh SWT ) lupakan sedikitpun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan ( akhir ayat 38 Al An'am ).

masjid yang selamat di tsunami Banten

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira  terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri ( Al Hadid : 22 )

Fikih tentang air yang merupakan benda cair, adalah yang dari manusia sebatas hanya mengelola saja. Tidak masuk dalam kelas pembuat ( produsen ), apapun tentang air tentu atas izin pencipta air itu sendiri. Termasuk air laut tentunya, termasuk juga air hujan. Di tafsir muroh labib ( munir ) karya Imam Nawawi Al Bantani ( ulama dar iBanten juga ) , definisi air hujan dikemukakan oleh Kholid Bin Miqdan adalah : air yang keluar dari bawah 'Arsy, lalu keluar menuju langit demi langit hingga sampai langit terdekat bumi lalu berkumpul di sebuah tempat dilangit bumi,  dan datang  awan hitam masuk kumpulan air itu. Dari awan hitam lalu diturunkan ke bumi oleh Alloh SWT untuk disebarkan ke berbagai tempat.

definisi hujan menurut kholid bin miqdan ( muroh labib : 6 )

Bicara tentang 'Arsy tentu tak luput dari kekuasaan Alloh SWT sendiri. Artinya hujan saja, sebelum ke bumi menunggu petunjuk atau idzin dari Alloh SWT. Bagaimana dengan air bah saat tsunami ?. Segala makhluq di langit dan bumi serta angkasa luar yang tiada batas semua dalam kekuasaan dan kendali Alloh SWT. Tentu saja termasuk air bah tsunami, wallohu A'lam.

Tsunami yang menimpa Indonesia berturut turut akibat gempa di awal, sebut saja Lombok dan Palu Sulawesi. Khusus Banten ternyata bukan gempa sebagai sebab utama, meski BMKG sudah mengeluarkan peringatan dininya. Kejadian Banten memang baru pertama kalinya ada, bahkan saat konser berlangsung. Siapa sanggup bersiap siap sementara Ifan dan teman temannya sedang di panggung ?. Bila mobil, motor, pagar, rumah pada hancur hingga terbawa arus tsunami termasuk vokalis Ifan yang beberapa saat mengapung di laut karena efek derasnya air laut yang tanpa diundang itu. Dan kenyataan beliau sampai saat ini sehat wal afiat meski semua crew termasuk istri tercintanya pergi selama lamanya.


Menyimak klip, video, lirik dari lagu kemarin yang tadinya sekedar lagu biasa yang penggemar sangat akrab bahkan penulis sendiri belum atau tidak kenal grup ini, Tiba tiba penasaran dengan nama seventeen dan Ifan sebagai mascot tsunami Banten. Ini bukan peristiwa biasa karena dahsyatnya kejadian tersebut ada sosok manusia yang kebetulan sudah hijrah, lalu Alloh SWT selamatkan untuk selanjutnya jadi pelajaran di kemudian hari. Minimal saat tahun baruan 2019, mereka yang tinggal atau menggantungkan nafkah pinggir pantai lebih waspada, sebab laut sedang mengincar siapa saja dan tidak tergantung kedekatan/ akses dengan Banten. Sementara kawasan pantai/ laut adalah lokasi favorit untuk mereka yang merayakan tahun baruan khususnya saat pergantian tahun.

Di jagad musik indonesia, rating Ifan dan videonya naik tajam hingga lebih dari 5 juta penyimak/ viewer. Tak kalah pula para musisi dadakan hingga pengamen membawakan lagu kemarin ( bisa disimak di you tube ) dengan keyword kemarin. Baik expressi acara tribute hingga jalanan CFD ( Car Free Day ). Termasuk pakar akustik di bawah ini 


Penulis sendiri karena diminta kawan, besok untuk mengisi salah satu kajian rutin pekanan (mingguan) tak luput menyiapkan bahan ini sebagai materinya. Yakni untuk renungan bahwa di dunia ini ada sosok yang pernah diselamatkan namun harus rela masuk perut ikan ( N Yunis AS ). N Nuh AS dan 40 pasangan pria wanita serta jantan betina  ( manusia dan hewan ) yang akhirnya menjadi cikal bakal manusia di bumi, N Musa AS beserta bani israil yang melewati laut Merah dengan cara laut dirubah menjadi daratan. Kisah kisah terbaik dalam Al Quran adalah sahih dan tiada ragu di dalamnya. Di zaman milenial, ternyata sampling atau contoh masih saja ada dan ditampakkan oleh Sang Kholiq.

Menyimak lirik lirik lagu di video itu, maka sebagai jawabannya karena ada kalimat " mencarimu tak tahu dimana ", apabila ini ditujukan sang kekasih, teman yang disayangi/ dicintai,  atau bahkan istri ifan sendiri. Cukuplah penulis nukilkan beberapa ayat dalam Al Quran yang terdapat di bagian akhir QS Al Waqi'ah. Sebenarnya ayat ini mengisahkan atau untuk mereka yang menghadapi sakaratul maut, namun kejadian Banten tentu sudah diluar itu semua karena seluruh rangkaian kejadian berjalan hitungan menit atau cepat, korban sudah banyak sekali termasuk kerusakan yang berarti ( significant ). Masuk kategori yang mana kepada para korban, Al Quran sudah sedikit banyak membuka tabir di balik misteri para korban. Bunyi ayat ayat itu adalah sebagai berikut ( tersebut pada ayat 86 - 96 ) sekaligus menutup tulisan Jawaban Buat Mas Ifan Seventeen. 

  1. فَلَوْلَآ اِنْ كُنْتُمْ غَيْرَ مَدِيْنِيْنَۙmaka mengapa jika kamu memang tidak dikuasai (oleh Allah),
  2. تَرْجِعُوْنَهَآ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَkamu tidak mengembalikannya (nyawa itu) jika kamu orang yang benar?
  3. فَاَمَّآ اِنْ كَانَ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَۙ
  4. Jika dia (orang yang mati) itu termasuk yang didekatkan (kepada All
  5. فَرَوْحٌ وَّرَيْحَانٌ ەۙ وَّجَنَّتُ نَعِيْمٍ
  6. maka dia memperoleh ketenteraman dan rezeki serta surga (yang penuh) kenikmatan.
  7. وَاَمَّآ اِنْ كَانَ مِنْ اَصْحٰبِ الْيَمِيْنِۙDan adapun jika dia termasuk golongan kanan,
  8. فَسَلٰمٌ لَّكَ مِنْ اَصْحٰبِ الْيَمِيْنِۗmaka, Salam bagimu (wahai) dari golongan kanan!” (sambut malaikat).
  9. وَاَمَّآ اِنْ كَانَ مِنَ الْمُكَذِّبِيْنَ الضَّاۤلِّيْنَۙDan adapun jika dia termasuk golongan orang yang mendustakan dan sesat,
  10. فَنُزُلٌ مِّنْ حَمِيْمٍۙmaka dia disambut siraman air yang mendidih,
  11. وَّتَصْلِيَةُ جَحِيْمٍdan dibakar di dalam neraka.
  12. اِنَّ هٰذَا لَهُوَ حَقُّ الْيَقِيْنِۚSungguh, inilah keyakinan yang benar.
  13. فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيْمِMaka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Mahabesar.

Solo, 5 Januari 2019

'abdul faqiir - ifoel





bagi pengalaman

berusaha belajar menulis dan membagikan kepada siapa saja dan cukup panggil nama ifoel atau bagi pengalaman

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama