Tuesday, November 7, 2017

Kehebohan Nabi Mantu Dengan Jokowi Mantu

Hari ini metroTV menyiarkan langsung ( live program ) dengan tajuk Jokowi Mantu. Namanya orang nomor 1 di Indonesia, tentu kehebohan muncul baik persiapan, pengawalan, penampakan sepanjang jalan, hingga hari H pernikahan. Kira kira 3 hari lalu sudah terasa banyaknya satuan keamanan baik polisi dan TNI yang berada di kota Solo. Hampir semua hotel dari kelas premium sudah full booked termasuk asrama haji Donohudan yang kemarin di cek langsung oleh seorang mentri yang sering ditulis oleh media dengan LBP. Di kalurahan Tipes, saat kemarin mau sowan ke Pak Lurah untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan nya dalam gelar tenis meja Soempah Pemoeda Cup Solo 2017 ada pemandangan unik. Di hall pertemuan, dipakai beberapa polisi yang menginap dan karena masih pagi hari ada yang memanfaatkan untuk ngopi, bercanda menelpon keluarga hingga main remi. Satu mini bus dan 1 sedan kepolisian terparkir di halaman kantor kalurahan Tipes.  Muncul ide untuk menuliskan Kehebohan Nabi Mantu Dengan Jokowi Mantu
 

inzet : berita akad nikah bisa simak streaming akad nikah kahyang - bobby

Jelang  Akad Nikah : Sumber CNN Indonesia

Hari ini tentu semua warga Solo tumpah ruah untuk saksikan prosesi pernikahan Kahyang-Bobby yang spanduk pun berjajar rapi sepanjang stasiun balapan Solo. Kami memilih sesekali lihat TV sambil stand by di rumah. Kehebohan lain, 4 hari lalu ada informasi beberapa biro persewaan mobil di Jogjakarta ludes dipesan tamu luar kota untuk menyediakan mobil jenis Alphard untuk acara Jokowi mantu ini. Itulah sekelumit kehebohan bilamana pejabat publik apalagi sekelas presiden punya hajat. Masih ingat di benak warga Indonesia, meski tidak seheboh Jokowi Mantu namun saat SBY punya hajat di Bogor, bisa disaksikan cukup membuat permirasa terkesima. 

Undangan istimewa - Tukang Becak

Sudah dilaksanakan tadi tepatnya Rabu 8 November 2017, jam 09.00 pagi dilaksanakan prosesi akad nikah Bobby-Kahyang yang bisa disimak langsung di media televisi. Tulisan ini tak akan bahas banyak seputar Jokowi Mantu dalam arti secara operasional dan nomina, karena pasti besar nya biaya yang diperlukan. Mengingat penguasa Indonesia saat ini, sejak awal memimpin terkesan suka atau care dengan model simbolisasi yang tentu memerlukan bahasa grafis dan visual agar pesan itu tersampaikan. Namun sebatas simbolisasi saja, terkadang kurang mendalam bila ditelusuri lebih jauh. Wajar lah memang bahasa permukaan adalah penganngkatan yang mengandalkan tema saja, meski sebenarnya tema dari sisi bahsanya belum dicerna lebih jauh. 

Briefing Keamanan Sejak 3 hari lalu

Membahas kehebohan dunia tentang dunia pernikahan, ada sesuatu yang menarik bahkan unik. Tatkala pernikahan Zaid RA ( putra angkat Nabi Muhammad SAW ) dengan Zainab RA yang kisah keduanya diabadikan dalam QS Al Ahzab, ada info meski perkawinannya tidak langgeng akan tetapi Zainab RA bangga karena yang jadi saksi adalah " dari langit ". Kedua, pernikahan nabi SAW sendiri dengan Shofiyah RA ( tawanan yahudi yang akhirnya dibebaskan ) berlangsung di perjalanan usai penaklukan Khaibar dan Beliau SAW menyelenggarakan resepsi dengan sederhana. Namun di tengah perjalanan akan pulang ke Madinah, rupanya ada musibah yakni kecelakaan tunggal yang sebabkan Sofiyah RA terluka dan Nabi SAW sendiri selama akibat perangkat di unta yang dinaiki terserimpet hingga tergelincir dan jatuh. Sudah ditulis di blog lain yakni  Usai Menikahi Sofiyah - Nabi Alami Kecelakaan Tunggal

Ketiga, kehebohan saat Nabi Mantu yakni tentu saja Fatimah RA dengan Imam Ali RA. Bagian rampasan ( ghonimah ) yang diterima Imam Ali RA sebagai calon menantu Nabi Muhammad SAW sudah dipersiapkan demikian rupa. Namun apa yang terjadi ? Unta mahal sebagai persembahan untuk acara walimahan, dimutilasi oleh paman Nabi SAW sendiri yakni hamzah Bin Abdul Muthollib yang saat itu sedang mabuk berat ( ayat tentang haramnya hamr belum turun ), dan ini bisa dipahami kejadiannya sebelum Perang Uhud tentunya. Imam Ali RA sempat menangis meski beliau adalah pemberani yang ulung ( Nabi Muhammad SAW adalah insan pemberani, sedang Imam Ali RA adalah pintunya ). 

Hadist 2861 Musibah Jelang Nikah Ali RA
( klik untuk memperbesar )

Saat mengadukan kejadian mutilasi unta ini diadukan oleh Imam Ali RA kepada Mertuwanya yakni Nabi SAW, Nabi pun dihardiknya sambil memelototi raga Nabi dari atas ke bawah dan Hamzah mengucapkan : engkau ( nabi ) adalah pembantu ayahku. Yahh, namanya mabuk berat dan saat itu hamzah RA memang sedang pesta pora dengan hamr hingga sebabkan mabuk yang tanpa kontrol. Kejadian ini diabadikan oleh Imam Bukhory dalam sahihnya pada bab Rampasan/ Ghonimah hadist pertama : 3091 atau terjemahan Google hasil Download : 2861 dengan terjemahan sbb ( sudah diedit seperlunya oleh penulis )







0 comments: