SHOLAT TARWIH 11 REKAAT

Pada saat ramadhan kemarin, sempat mendengarkan sebuah siaran radio dakwah bahwa karena pengisi ceramah kemungkinan melakukan sholat tarwih dua rekaat dua rekaat. Kemudian beliau menyampaikan bahwa yang empat empat tiga, agar merubah menjadi dua dua sebab sholat malam yang dilakukan junjungan kita ; dua dua tiga. Ini juga tidak salah dan memang pernah dilakukan Rosululloh SAW. Berikut kami ambil dari screen shot darunajah dot com  tentang bilangan itu, karena sudah umum cukup diketahui saja

sholat Lail 2 rekaat 2 rekaat

Perlu diketahui, jumlah hadist atau periwayatan itu cukup banyak dan bisa jadi kemampuan seseorang masih sebatas yang ia terima, dan bisa jadi ada di tempat lain karena terbatasnya memperoleh info tentang itu. Bisa jadi perowi meriwayatkan saat sedang mukim (tinggal di rumah, kota biasa tinggal) atau sedang dalam perjalanan (shafar). Sholat Lail (malam) adalah wajib buat baginda N Muhammad SAW, tidak dengan ummat nya yang hanya kesunnahan saja. Meski ini tulisan pendek, ada baiknya tetap perlu kami tuliskan bahwa 11 rekaat dengan 4 4 3 saat Ramadhan tiba, juga mengacu pada uswah, cara Nabi Muhammad SAW. Umumnya umat islam saat ini mengacu pada tatacara dimana masjid itu diberlakukan. Terlebih saat kita atau siapa saja masih kecil, tak lain mengikuti (taklid) kepada imam atau tokoh agama setempat. Termasuk di Masjid Al Huda Nirbitan, apa apa yang dilakukan para pendahulu pun juga demikian. Urusan ibadah diserahkan pada ahlinya walaupun tokoh/ kyai/ ulama itu belum sampaikan acuan/ dalil/ hujah dengan jelas pada jamaahnya, yang jelas apa yang mereka lakukan sebenarnya tetap punya landasan, apalagi sudah berlabel 'alim.


Khusus sholat tarwih atau qiyamul lail saat ramadhan dengan 4 4 3, ini diambil dari hadist sahih Bukhory bernomor : 3569 kitab asli (3446 : download google) justru ada di bab Nabi Itu Tidur Matanya Namun Tidak Tidur Hatinya.

sholat tarwih 4 4 3

Terjemah : Telah khabarkan kami (Imam Bukhory), Abdullah Bin Maslamah, dari Malik dari Sa'id Al Maqbury, dari Abu Salamah Bin Abdurrahman (sahabat Nabi SAW) yang ia bertanya kepada Aisyah RA : bagaimana sholatnya Nabi Muhammad SAW saat Ramadhan ?. Aisyah RA menghabarkan bahwa sholat nya (beliau Nabi) tidak lain 11 rekaat, tidak lebih dan tidak kurang dengan 4 rekaat 4 rekaat, dan jangan tanyakan bagusnya dan panjangnya. Lalu beliau menutup dengan 3 rekaat. Dan Aisyah RA pernah nanyakan, apakah Anda berwitir sebelum sebelum tidur ?. Beliau Nabi jawab : Mata saya tidur, namun hati saya tidak tidur.

Andaisaja saat itu bisa menelpon radio ybs, tentu sudah kami lakukan. Akan tetapi karena itu adalah siaran rekaman, yahh ini saja jawaban yang bisa dituliskan dan disebarkan. 

Diantara keunikan dan keistimewaan dari bab bab yang diwariskan Imam Bukhori via sahihnya, terkadang materi yang didapat (spt sholat lail/ tarwih di zaman kemudian) justru didapat di dalam bab bab yang terkadang tidak berhubungan. Bab diatas tentang keadaan tidur Nabi serta mata nya. Ternyata justru terkandung sholat malam saat ramadhan. Hal demikian, cukup banyak sekali dalam sahih Bukhory yang merupakan kitab tersahih sesudah Al Quran menurut Qoulul Mu'tamad (jumhur Ulama). Bila pembaca jeli tentang penomoran spt diatas, kenapa di google dengan nomor : 3446, sementara kitab asli sahih Bukhori dngan nomor : 3569, tentu ini jalan ceritanya panjang juga.

Wallohu A'lam Bis-showaab.











bagi pengalaman

berusaha belajar menulis dan membagikan kepada siapa saja dan cukup panggil nama ifoel atau bagi pengalaman

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama